Juli 03, 2018

Kisah dari Bo'a : Nyanyian Anak Bo'a


Kamis, 28 Juni 2018
            Hari ini masih sama seperti hari sebelumnya di Bo’a. Pagi yang sejuk dan mulai menghangat seiring matahari menyingsing. Kaki-kaki kecil anak-anak Bo’a berlarian memasuki SD SMP SATAP. Riuh tawa mereka memenuhi pelataran dan ruangan-ruangan kelas. Dari sudut lapangan terdengar suara adik-adik kecil Bo’a sedang bernyanyi sembari melakukan senam pagi bersama teman-teman bagian kesehatan. Dari sudut ruangan kelas paling ujung juga tak kalah riuhnya, disana anak-anak Bo’a sedang bernyanyi dengan teman-teman bagian pendidikan yang terus memberi motivasi dan semangat belajar. Dan di ruangan dimana aku berdiri, anak-anak remaja Bo’a sedang menyanyikan lagu-lagu daerah Bo’a sembari menanti teman-teman mereka datang dan berkumpul.

“Mai fali e, mai fali e, mama hala ita fali e.
Mai fali e, mai fali e, mama hala ita fali e…”
Mai Fali – M. A. Ndoloe
 ~
“Aua ia mana lolo banda. Aua soda ele le le lele
Ia au tataon mana lolo banda, Au fali du dau ledoa tenaso
Aua ia mana lolo banda, Aua soda ele le le lele
Ia au tataon mana lolo banda, Au fali du dau ledoa tenaso..”
Mana Lolo Banda - NN
Lagu dengan bahasa yang asing bagiku, tapi alunan-alunan suara ceria mereka yang kompak sukses membuatku terharu dan semakin berbangga hati karna aku lahir di Indonesia dan sempat bertemu dengan mereka.

Clean Up World Campaign, hari ini kami akan mengajarkan anak-anak remaja di Bo’a untuk menjaga kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah secara sederhana, dan paktik pemanfaatan sampah botol plastik. Bagiku pendidikan pengelolaan sampah sejak usiasekolah sangat penting. Karna menjaga lingkungan haruslah dimulai oleh generasi-generasi muda dimanapun ia tinggal.

Seusai kegiatan Clean Up World Campaign, kami beristirahat sejenak kemudian melanjutkan pembuatan tong sampah yang kita buat dengan bahan dasar botol air mineral bekas. Disini kami dari divisi lingkungan bekerja sembari bercanda seperti biasanya. Malam harinya kami melakukan pengecatan dan bercanda dengan fasilitaor kami kak Acha juga salah satu pemuda di Bo’a yang selalu menemani bagian lingkungan dalam melakukan program kerja,kak Hendra.

Seusai kami menyelesaikan pembuatan tong sampah, kami berjalan menuju rumah bapak kepala dusun untuk membeli bekal untuk esok hari. Esok pagi-pagi sekali kami akan melakukan kelanjutan kegiatan Clean Up World Campaign aksi bersih pantai di dusun lima, atau dusun vimox. Dan sisa malam itu kami habiskan dengan bercanda tawa disepanjang jalan yang gelap dan sesampai kami diposko kemudian kami beristirahat menanti hari esok.

0

0 komentar :

Posting Komentar